Selasa, 18 Januari 2011

Liburan Main Kesawah


Baru sekitar pukul 6.30 pagi. Yogi, adik sepupu ku kelas 4 SD yang lagi libur sekolah hari ini, sudah berterika-teriak di depan rumah. “kak iwan, jadi ke sawah kan?”
, Aku, Yogi, Eka, Candra, dan teman2nya yogi main ke sawah pagi-pagi.
“Tunggu  ya,” kataku ke anak-anak itu. Aku keluar rumah. Walah, ternyata banyak sekali yang mau ikut. Mereka pun menunggu Beni  yang memang males bangun tidur seperti kakaknya . Hehe. kakaknya beni kan aku sendiri ahhhh....


Kami menyeberang kali kecil di ujung gang yang memisahkan kami dengan sawah di seberang sana. Lalu, ketika sampai sawah semua girang bukan kepalang. Sebelum lanjut, aha!, ayo bersiap dulu. yogi yang pimpin barisan..

Pagi ini kami jalan-jalan saja. Tidak ada acara cari belut, yuyu, dan semacamnya. “Kayak Bolang ya,” kata anak-anak soal perjalanan pagi ini. Bolang, singkatan dari Bocah Petualang, adalah nama acara di salah satu TV swasta soal petualangan anak-anak. Bagi aku dan anak-anak ini, melali ke sawah ternyata jadi liburan asik juga di Lampung. Sakin senengnya sampe pada loncat-loncat..

Agar ada tujuan, maka kami sepakat mencari mata air pagi itu. Kami pun menyusuri sawah sampai di ujung utara sana. Ada petani lagi nanam kangkung. Ada yang lagi nyiram bayam. Ada yang menyiangi rumput di sawah. Petani terakhir ini menolak pas anak-anak mau ikut bantuin. “Usak nyanan,” teriaknya ke anak-anak.
Ratusan hektar sawah ini dikepung rumah-rumah jauh di sana. Di sisi barat,
“Semoga nanti sawahnya tidak dijual. Biar tidak berganti rumah,”


Maka, ending melali pagi ini adalah sarapan di gubuk reot di tengah areal sawah. Nikmat tenan..


tapi itu setahun yg lalu semester tahun ini ndak pulang kampung sendih banget,
mbok aku pengen muleh.

Tidak ada komentar: